BERBAGI PRAKTIK BAIK - MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN BADACTIF BERSAMA GURU-GURU GUGUS GALAM RABAH
Aksi berbagi yang ke 3 dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2024, bersama guru-guru gugus galam rabah melaksanakan kegiatan berbagi praktik baik dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat kolaboratif oleh para guru di gugus galam rabah, dan bertujuan untuk menggali metode baru yang dapat memperkuat pembelajaran di kelas.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini berfokus pada metode pembelajaran Discovery Learning yang dikombinasikan dengan media interaktif BADACTIF (Belajar Asyik Daily Activity dengan Video Interaktif). Melalui media ini, para siswa diharapkan lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, karena materi yang disampaikan dirancang agar menarik perhatian mereka dengan warna-warna cerah dan konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Sebelum penerapan media BADACTIF, motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris cenderung rendah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, di antaranya persepsi bahwa Bahasa Inggris sulit untuk dipelajari, serta anggapan bahwa Bahasa Inggris tidak terlalu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, materi yang disampaikan di kelas terkadang terasa monoton dan kurang menarik minat siswa.
Sebagai solusi, disusunlah pendekatan pembelajaran menggunakan media BADACTIF, yaitu media pembelajaran berbentuk video interaktif yang memuat aktivitas sehari-hari. Media ini didesain untuk menarik minat siswa dengan tampilan visual yang atraktif, sekaligus mendorong siswa untuk berlatih pengucapan dan memahami materi secara langsung.
Dalam pelaksanaan kegiatan, para peserta terlebih dahulu melakukan pembukaan dengan mengawali kegiatan dengan absensi, diselingi ice-breaking yang bertujuan mencairkan suasana, serta penjelasan tujuan dari materi yang akan dibahas. Kemudian, pada sesi inti, para peserta guru didorong untuk membuka dan mencoba mengikuti video BADACTIF yang telah disiapkan, sehingga mereka mendapatkan gambaran langsung tentang penerapan media tersebut di kelas.
Hasil dari kegiatan ini sangat positif. Para guru merasa bahwa media BADACTIF dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Siswa terlihat lebih aktif dan termotivasi selama proses belajar, serta menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam menggunakan Bahasa Inggris. Di samping itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.
Flayer Kegiatan
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2024
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
0 comments:
Posting Komentar